Selasa, 03 Mei 2022

LAPORAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

 


LAPORAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

A.   LATAR BELAKANG

Pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan proses mengajar tidak cukup hanya menggunakan metode ceramah terutama pada saat penyampaian materi. Siswa cenderung bosan dan tidak interaktif apalagi jika materi tidak dikemas dengan menarik. Jika siswa tidak mampu memahami materi dengan baik ini akan berdampak pada kegagalan pada saat assesment, terutama jika kita melakukan assesment dengan cara yang pada umumnya kita lakukan, siswa dapat mengalami gangguan belajar karena ketidak pahaman dari materi yang disampaikan, sehingga nilai asesment yang meraka peroleh rendah.

            Dari hasil observasi ada beberapa penyebab mengapa hasil assesment siswa masih rendah :

1.     Sebagian siswa belum memahami konsep materi yang disampaikan karena kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

2.     Tekanan yang dirasakan oleh siswa saat akan menghadapi asesment, dikarenakan kurang memahami materi yang disampaikan.

3.     Kurang menariknya asesment yang dilakukan guru, sehingga siswa kurang bersemangat saat akan diadakannya asesment.

Dikarenakan asesment menjadi suatu momok yang menakutkan bagi siswa, yang mana saat siswa menghadapi asesment mereka merasa tertekan sehingga kurang enjoy saat menghadapi asesment. Dengan kondisi yang demikian banyak siswa yang memperoleh hasil belajarnya kurang memuaskan, untuk itu maka penyusun bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yaitu Game Asesment Sederhana namun menyenangkan.

 

B.   TUJUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sesuai dengan penjabaran yang telah dikemukakan pada poin sebelumnya, maka pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Game Asesment Sederhana namun menyenangkan bertujuan untuk :

1.     Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII OTKP

2.     Menjadikan asesment suatu hal yang menyenangkan sehingga siswa akan mengahadapi assesment dengan rasa senang dan antusias.

3.     Membantu pencapaian tujuan pembelajaran

4.     Meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XII OTKP

 

C.   DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN


 


D.   PROSEDUR CARA PEMBUATAN MEDIA AJAR

Cara pembuatan Pembelajaran Game Asesment Sederhana namun Menyenangkan, yaitu :

1.     pertama- tama yang kita lakukan adalah menyiapkan Soal-soal pilihan ganda sesuai dengan materi kita, kita bisa tampilkan soal-soal tersebut di layar Proyektor, kita dapat menggunakan aplikasi Power Point atau sejenisnya untuk membuat tampilan soal kita menarik, sematkan juga kunci jawabanya.

2.    
Buatlah tulisan huruf A, B, C, D, E sesuai dengan soal pilihan ganda kita, agar lebih menarik kita menggunakan kertas dengan berbagai warna. Kita bisa menggandakan sesuai dengan jumlah siswa. Contoh nya dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 

  


  E.   DESKRIPSI CARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

 

1.     Kita siapkan soal pilihan ganda yang telah kita buat di aplikasi power point, kita hubungkan ke layar Proyektor agar seluruh siswa dapat membaca soal.



2.     Bagikan kertas yang berisikan huruf-huruf tersebut kepada setiap siswa.


        3.     Untuk lebih menarik selain kita membarikan hadiah yaitu berupa nilai bagi siswa yang             menjawab benar, kita juga berikan punishment bagi siswa yang menjawab salah yaitu berupa memberikan bubuk bedak diwajah siswa tersebut.

4.     Bagi kelompok yang terdiri dari siswa yang memegang abjad A,B,C,D,dan E.

5.     Selanjutnya kita dapat memulai Game Assesment ini dengan Syarat siswa dilarang berkomunikasi dengan siswa lainya.




6.     Soal ditampilkan dilayar siswa membaca dan memahami soal, kita beri waktu beberapa detik saja untuk memberikan jawaban, siswa yang merasa jawaban dari soal tersebut abjad yang mereka pegang hitungan ke 3 siswa mengangkat huruf yang meraka pegang bersama-sama, bagi siswa yang salah atau terlambat mengankat jawaban akan diberikan hukuman yaitu semua anggota diberikan bubuk bedak.

7.     Kemudian kita sebagai guru tinggal mengecek saja setelah soal semua telah dibahas siapa anggora team yang tidak terkena punishment bubuk bedak itulah yang memperoleh nilai tebaik.




TERIMAKASIH... 

SEMOGA MENGINSPIRASI GURU HEBAT SELURUH INDONESIA...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN ILMU GEOGRAFI