LAPORAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.
LATAR BELAKANG
Pada pembelajaran Produk
Kreatif dan Kewirausahaan proses mengajar tidak cukup hanya menggunakan metode
ceramah terutama pada saat penyampaian materi. Siswa cenderung bosan dan tidak interaktif
apalagi jika materi tidak dikemas dengan menarik. Jika siswa tidak mampu
memahami materi dengan baik ini akan berdampak pada kegagalan pada saat
assesment, terutama jika kita melakukan assesment dengan cara yang pada umumnya
kita lakukan, siswa dapat mengalami gangguan belajar karena ketidak pahaman
dari materi yang disampaikan, sehingga nilai asesment yang meraka peroleh
rendah.
Dari hasil
observasi ada beberapa penyebab mengapa hasil assesment siswa masih rendah :
1.
Sebagian
siswa belum memahami konsep materi yang disampaikan karena kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di
kelas.
2.
Tekanan
yang dirasakan oleh siswa saat akan menghadapi asesment, dikarenakan kurang
memahami materi yang disampaikan.
3.
Kurang
menariknya asesment yang dilakukan guru, sehingga siswa kurang bersemangat saat
akan diadakannya asesment.
Dikarenakan
asesment menjadi suatu momok yang menakutkan bagi siswa, yang mana saat siswa
menghadapi asesment mereka merasa tertekan sehingga kurang enjoy saat
menghadapi asesment. Dengan kondisi yang demikian banyak siswa yang memperoleh
hasil belajarnya kurang memuaskan, untuk itu maka penyusun bermaksud
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yaitu
Game Asesment Sederhana namun menyenangkan.
B.
TUJUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sesuai dengan penjabaran yang
telah dikemukakan pada poin
sebelumnya, maka pembuatan media pembelajaran
dengan menggunakan Game Asesment
Sederhana namun menyenangkan bertujuan untuk :
1.
Meningkatkan
hasil belajar siswa kelas XII OTKP
2.
Menjadikan
asesment suatu hal yang menyenangkan sehingga siswa akan mengahadapi assesment
dengan rasa senang dan antusias.
3.
Membantu
pencapaian tujuan pembelajaran
4.
Meningkatkan
rasa percaya diri siswa kelas XII OTKP
C. DESAIN
MEDIA PEMBELAJARAN
D.
PROSEDUR CARA PEMBUATAN MEDIA AJAR
Cara pembuatan Pembelajaran Game Asesment
Sederhana namun Menyenangkan, yaitu :
1.
pertama- tama yang
kita lakukan adalah menyiapkan Soal-soal pilihan ganda sesuai dengan materi
kita, kita bisa tampilkan soal-soal tersebut di layar Proyektor, kita dapat
menggunakan aplikasi Power Point atau sejenisnya untuk membuat tampilan soal
kita menarik, sematkan juga kunci jawabanya.
2.
Buatlah
tulisan huruf A, B, C, D, E sesuai dengan soal pilihan ganda kita, agar lebih
menarik kita menggunakan kertas dengan berbagai warna. Kita bisa menggandakan
sesuai dengan jumlah siswa. Contoh nya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
1.
Kita siapkan soal
pilihan ganda yang telah kita buat di aplikasi power point, kita hubungkan ke
layar Proyektor agar seluruh siswa dapat membaca soal.
2.
Bagikan kertas
yang berisikan huruf-huruf tersebut kepada setiap siswa.
4. Bagi kelompok yang terdiri dari siswa yang memegang abjad A,B,C,D,dan E.
5.
Selanjutnya kita
dapat memulai Game Assesment ini dengan Syarat siswa dilarang berkomunikasi
dengan siswa lainya.
6.
Soal ditampilkan
dilayar siswa membaca dan memahami soal, kita beri waktu beberapa detik saja
untuk memberikan jawaban, siswa yang merasa jawaban dari soal tersebut abjad
yang mereka pegang hitungan ke 3 siswa mengangkat huruf yang meraka pegang
bersama-sama, bagi siswa yang salah atau terlambat mengankat jawaban akan
diberikan hukuman yaitu semua anggota diberikan bubuk bedak.
7.
Kemudian kita
sebagai guru tinggal mengecek saja setelah soal semua telah dibahas siapa
anggora team yang tidak terkena punishment bubuk bedak itulah yang memperoleh
nilai tebaik.
TERIMAKASIH...
SEMOGA MENGINSPIRASI GURU HEBAT SELURUH INDONESIA...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar